Blog ini hadir untuk menyelesaikan masalah kuliah anda dengan menampilkan contoh-contoh skripsi dan jurnal Full-Text dari berbagai Universitas ternama di Indonesia.

ads ads ads ads
Silahkan mendownload file Skripsi di Tab Akuntansi atau Manajemen, cukup klik judulnya. tq (Powered by Mediafire)


Ctrl-C and Ctrl P

Tuesday, March 19, 2013

Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen adalah sebagai perilaku yang diperhatikan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka (Schiffman dan Kanuk dalam Sumarwan 2004). Perilaku manusia sangat kompleks dan untuk mempelajari dibutuhkan perhatian yang cukup serius. Perilaku membeli konsummen akan timbul jika kebutuhan yang terangsang menimbulkn keinginan didalam diri konsumen. Keinginan ini mengarahkan perilaku tindakan yang semula timbul dapat dikurangi (Sulistiyani, 2006). Sedangkan menurut Engel, Blackwell, dan Miniard (dalam Sumarwan , 2004), perilaku konsumen adalah sebagai tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini. Para pemasar berkewajiban untuk memahami konsumen, mengetahui apa yang dibutuhkannya, apa seleranya, dan bagaimana ia mengambil keputusan.

Pemahaman yang mendalam mengenai konsumen akan memungkinkan pemasar dapat mempengaruhi keputusan konsumen sehingga mau membeli apa yang ditawarkan oleh pemasar. Persaingan yang ketat antarmerek menjadikan konsumen memiliki posisi yang semakin kuat dalam posisi tawar menawar. Menurut Sumarwan (2004), para pemasar wajib memahami keberagaman dan kesamaan konsumen atau perilaku konsumen agar mereka mampu memasarkan produknya dengan baik. Para pemasar yang memahami perilaku konsumen juga akan mampu mempengaruhi perilaku tersebut sehingga sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pemasar tersebut. Proses mempengaruhi konsumen biasanya dilakukan melalui strategi pemasaran yang tepat.

No comments:

Post a Comment